Kenapa Burung Prenjak Mudah Gembung & Gampang Mati ?"

Kerap kali prenjak mania bertanya, kenapa burung prenjak mudah gembung dan gampang mati ?. Hal ini sangat berpengaruh sekali pada, kicau mania yang masih pemula dan belum tahu latar belakang dari jenis burung prenjak kepala merah ini.

Penyebab prenjak gembung itu banyak sekali faktornya sedulur, yang membuat metabolisme tubuh menjadi turun. Bila Anda seorang kicau mania, yang baru saja merawat burung prenjak. Sebaiknya sedulur wajib berdiskusi dengan teman yang lainnya, dimana memiliki pengalaman dalam hal perawatan prenjak lebih dalam.

Dengan solusi ini, dapat memberikan sebuah gambaran untuk Anda bagimana merawat burung prenjak yang baik dan benar. Namun, ketika kico mania tidak mempunyai kerabat yang sama hobinya yakni perburungan. Mungkin saja website omah prenjak official ini, mampu memberikan jalan alternatif bagi Anda khusus pemula yang ingin belajar lebih detail. Terkait tips perawatan burung prenjak khususnya, dan jenis burung lainnya.

Kenapa Burung Prenjak Mudah Mati ?

Burung Prenjak Mudah Gembung & Gampang Mati

Nah, kali ini saya akan langsung membedah satu persatu. Untuk mengulas intisari dari topik ini, diantaranya kenapa prenjak gampang mati. Memang sangat kompleks sekali, berdasarkan pengalaman pribadi saat merawat prenjak. Pernah juga mengalami hal yang sama, namun dengan terjadi hal itu maka saya sudah bisa mengantisipasinya dengan baik.

Lalu, faktornya apa saja. Yuk simak ulasannya berikut ini :

1. Pemilihan Pakan Yang Tidak Tepat

Point pertama ini, sangat jelas sekali. Bahwa, hampir semua orang khususnya pemula keliru dalam memberikan menu pakan yang cocok untuk burung prenjak tamu ini. Jika Anda membeli prenjak ombyokan dari kios / pasar burung, tentu burung prenjak itu tidak langsung bisa ngevoer.

Untuk pakan yang pas khusus prenjak bahan / ombyokan : ulat kandang, dan ulat hongkong. Kedua menu pakan tersebut menjadi pakan utamanya, untuk extra fooding atau pakan tambahan lainnya bisa berikan seperti kroto, dan jangkrik.

2. Cara Merawat Yang Keliru

Harus di ketahui untuk kicau mania, yang ingin membeli prenjak. Wajib mengerti dulu cara merawat prenjak yang benar, dengan perawatan yang intens dan sesuai karakternya. Akan jauh lebih cepat untuk proses penggacorannya, mengapa ? ya karena kita sudah berhasil memberikan sebuah layanan yang di terima dengan baik oleh burungnya, sehingga progres perkembangannya juga akan lebih prospek kedepannya.

Perawatan prenjak yang sangat sederhana saya lakukan tiap harinya, seperti : pembersihan alas sangkar, pemberian air minum, & pakan (ulat kandang, ulat hongkong 3-4 ekor / hari), kemudian pemandian, dan terakhir penjemuran.

3. Tidak Melakukan Pengkrodongan

Selanjutnya adalah tahap pengkrodongan, betul sekali krodong sangat berfungsi sekali untuk menutupi sangkar prenjak peliharaan Anda. Apa alasanya ? untuk alasan utama saya ialah untuk menghindari prenjak kita memakan serangga lain, disaat kita tidak memantau / ditinggal aktifitas kerja.

Jika Anda sudah tahu ketiga faktor diatas, kini akan saya jelaskan juga mengenai prenjak gembung. Pasti Anda belum mengerti kenapa bisa begitu, dan apa saja yang menyebabkannya.

Kenapa Prenjak Gembung / Nyekukruk ?

Apa itu gembung atau nyekukruk, kedua istilah ini merupakan menandakan sebuah kondisi burung prenjak kesayangan kita yang sedang sakit. Dengan terjadi seperti ini, kita harus memberikan sebuah tindakan yang cepat & responsive. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, caranya dengan mengingat kembali terkahir kita memberikan sesuatu pakan apa saja.

Bila kita beri pakan sudah sesuai, berarti bukan dari faktor pakan. Melainkan dari faktor external, yang mungkin saja prenjak Anda makan serangga lainnya misal kupu kecil. Dengan itu, kita harus memberikan sebuah vitamin yang bernama super n / ebod vit. Harga kedua suplemen burung tersebut, kisaran 15 ribu rupiah di kios burung.

Untuk aturan pakai, sudah di jelaskan pada kemasannya. Jadi Anda bisa memberikan sesuai dosis yang disarankannya, lalu pantau beberapa hari kedepan. Usahakan burung saat proses pengobatan, tetap di jemur namun jangan di mandikan. Guna memberikan dorongan ke stamina, biar lebih cepat normal kembali. Sehingga sedulur mampu atasi prenjak gembung dengan sigap dan benar.

Oke, demikian yang bisa saya berikan pada sesi ini. Semoga tulisan singkat ini mengapa prenjak mudah gambung dan gampang mati, memberikan sebuah wawasan baru bagi Anda yang masih pemula. Maturnuwun.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url