2 Cara AMPUH ! Murai Batu BONGKAR ISIAN Saat Lomba

Bagaimana si cara membuat murai batu bongkar isian saat lomba ?, jika murai batu gacoan Anda tidak bongkar isian ketika lomba berlangsung. Sebaiknya Anda simak tips jitu untuk Anda yang ingin murai batu moncer di gantangan.

Agar murai batu bongkar isian saat lomba membutuhkan sebuah proses yang harus Anda lewati, karena semua itu memerlukan perjuangan melalui sebuah rawatan harian yang konsisten. Serta pemberian pakan dan extra fooding yang mampu membuat kondisi murai batu Anda lebih stabil.

Murai batu tidak bongkar isian saat lomba, tentu ada faktornya. Namun Anda harus tahu solusinya, agar murai batu kesayangan Anda dapat pulih dari kondisi tidak maksimal tersebut. Semua ada jalan keluarnya, asal Anda bisa mencermati dahulu karakter dasar dari burung murai Anda.

Ada beberapa poin penyebab murai batu tidak mengeluarkan isian. Beberapa alasannya adalah :
  1. Isian yang dimiliki murai batu tidak banyak karena kurang proses pemasteran
  2. Murai batu  masih kurang berani membongkar isian dan menyerang karena mentalnya belum siap  mengikuti kompetisi

Cara Merawat Murai Batu Agar Bongkar Isian Saat Lomba (Harian)

cara murai batu bongkar isian saat lomba



Karena, seperti yang kita ketahui, variasi suara merupakan salah satu elemen terpenting dalam menilai sebuah kompetisi. Namun, bagaimana menyeting murai batu bisa bongkar isian ?, simak tips berikut ini:
  • Semprot murai batu setiap jam 5 pagi dan jangan lupa berikan 5 ekor jangkrik kepada yang dipotong kakinya.
  • Kemudian pada jam 7 pagi, bawalah murai batu  ke  kandang umbaran untuk berjemur & berolahraga.
  • Saat menjemur murai batu di  kandang umbaran tidak boleh diberi air minum dan diberi air terlebih dahulu agar murai batu terbiasa tidak makan dan minum saat diikat dan memiliki ketahanan fisik yang baik.
  • Setelah pukul 10:00, keluarkan murai batu dari kandang bahu dan letakkan di kandang siang hari. Lalu biarkan udara keluar selama sekitar 30 menit.
  • Kemudian memandikan murai batu dalam bak sangkar sampai penuh dan mengeluarkannya lagi sampai bulunya kering.
  • Berikan hingga 2 sendok makan kroto yang sudah dibersihkan dari semut.
  • 11 pagi sampai  4 sore, berikan murai batu Kerodong dan taruh di tempat yang tenang. Untuk memperkaya bahan isian, Anda dapat memutar kicauan burung di MP3 player atau mendekatkan burung murai batu dengan burung master seperti lovebird, silia, kenari, janggut, atau kapas tembak.
  • Pukul 4 sore buka kerodong murai batu dan dianginkan kembali. Jangan lupa berikan 5 jangkrik.
  • Saya kembali krodongkan pada pukul 18:30 untuk beristirahat sampai pagi.

Cara Setting Murai Batu Menjelang Lomba Supaya Bongkar Isian

Selain melakukan beberapa penyiapan setiap hari, cara lain untuk membongkar isian murai batu Anda adalah dengan menyiapkannya secara khusus sebelum kompetisi.
  1. Sebelum H-3 lomba hingga sesaat sebelum lomba, berikan jangkrik dalam porsi besar, semaksimal mungkin tanpa batas.
  2. Tambahkan vitamin  khusus  pada air minum untuk kicau burung. Jumlah vitamin terlarut disesuaikan dengan dosis dalam wadah.
  3. Dengan H-2 kompetisi, murai batu harus berjemur di kandang biasa, tidak lagi di kandang umbaran.
  4. Pindahkan burung murai batu ke arah H-1 ke tempat yang sepi agar tidak mendengar suara burung murai batu lain dan membuat mereka berkelahi.
  5. Pada hari-H kompetisi, beri makan lima jangkrik di pagi hari  dan mandikan mereka di kandang sebelum menuju ke gantangan
  6. Jangan lupa dijemur dan diangin-anginkan sebentar sambil memberi makan kroto segar dalam porsi seperti porsi harian.
  7. Setelah sampai di lapangan, berikan 5 ekor jangkrik dan tambahkan seekor Cilung atau Ulat Bambu. Anda juga bisa memberi makan ulat  pisang bubuk putih yang sudah Anda bersihkan 1 ekor.
  8. Berikan juga vitamin spesial penggacor burung dalam jumlah yang  tertera pada kemasan. Campur vitamin ini ke dalam air minum.
Sekarang Anda sudah tahukan cara murai batu supaya bongkar isian saat lomba,semoga sedikit tips ini. Dapat memberikan sebuah wawasan baru untuk Anda, kicau mania khususnya pecinta burung murai batu dimanapun Anda berada.

Jangan lupa bagikan artikel ini di sosial media Anda, dan tetap simak terus tips keren yang pastinya terbukti ampuh berdasarkan pengalaman Admin Omah Prenjak. Terimakasih.
Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close