Cara Menaikan & Menurunkan Birahi Prenjak yang Benar

Cara Menaikan & Menurunkan Birahi Prenjak yang benar sebenarnya hal yang cukup mudah, bagi yang sudah berpengalaman. Namun untuk pemula mungkin ada yang belum tahu tipsnya, maka dari itu saya membagikan cerita berdasarkan pengalaman saya disini.

Menaikan birahi burung prenjak bersumber dari pakan pendukung atau biasa orang menyebutnya extra fooding. Nanti akan saya sebutkan EF apa yang bisa membuat birahi naik dan aman untuk di konsumsi oleh si prenjak kesayangan Anda.

Berlaku untuk semua jenis burung prenjak ya teman-teman, seperti prenjak kepala merah, gunung, lumut, sawah, dan lainnya. Jadi tips ini tidak hanya untuk 1 jenis burung prenjak ya kawan, lalu bagaimana cara meningkatkan birahi burung prenjak.

Tenang sedulur, pasti saya akan share di tulisan sederhana ini. Pada umumnya semua jenis burung akan terpancing emosinya  pada saat di trek / tempel dengan sejenisnya, lalu faktor utama yang bisa membuat emosi naik dasarnya ada di birahi. Maka para kicau mania harus bisa menjaga kesehatan serta kestabilan birahinya, agar tidak over atau berlebihan. Disaat birahi memuncak, tentunya saya juga akan memberikan cara menurunkan birahi burung prenjak.

Cara Menaikan / Meningkatkan Birahi Prenjak

Cara Menaikan dan Menurunkan Birahi Prenjak

Nah, disini saya akan langsung mengulasnya secara tuntas ya sedulur. Perhatikan point-point yang saya jelaskan berikut ini :

Persis seperti yang saya katakan di awal artikel ini, bahwasannya untuk membuat burung prenjak cepat birahi yang efektif ialah dengan memberikan pakan pendukung yaitu Ulat Hongkong.

Manfaat Ulat Hongkong :
  1. Dapat menaikan emosi + birahi secara cepat
  2. Membuat kondisi tubuh burung menjadi hangat
  3. Tidak mudah nyilet dan mengenyangkan
Kenapa ulat hongkong bagus untuk meningkatkan birahi, karena kandungannya terdiri dari protein dan lemak yang cukup tinggi. Biasanya sering digunakan sebagai bahan pakan untuk mendongkrak birahi oleh burung kontes. Tetapi harus perhatikan dari sisi porsinya, karena ada efek samping yang cukup bahaya jika berlebihan.

Porsi secara ideal yang saya sarankan, kebanyakan dari karakter prenjak itu 3-4 ekor perharinya. Takaran itu yang saya berikan pada burung prenjak peliharaan saya si Red As, dan untuk menyetabilkan birahi harus berikan extra fooding lainnya seperti kroto seminggu minimal 2x. Tujuannya untuk metabolisme kesehatan si prenjak selalu terjaga dengan baik dan birahi tidak bergejolak secara tiba-tiba.

Cara Menurunkan Birahi Prenjak

Cara Menaikan dan Menurunkan Birahi Prenjak

Selanjutnya kita membahas tips menurunkan birahi prenjak, yang sebelumnya kita berupaya untuk menaikan kini kita juga harus bisa menurunkannya. Karena semua harus seiimbang, ada waktu untuk naik dan juga untuk turun. Oleh sebab itu saya akan membocorkannya disini.

Cara menurunkan birahi prenjak tidaklah sulit teman-teman, yang harus sedulur lakukan adalah :
  • Mandikan secara merata
  • Angin-anginkan
  • Beri pakan utamanya saja, tanpa ulat hongkong
  • Di krodong.
Dengan menerapkan hal diatas, burung prenjak teman-teman akan turun dengan sendirinya. Sampai di paragraf terkahir ini apakah teman-teman sudah paham dengan ulasan singkat ini. Ya itu yang saya lakukan terhadap burung prenjak kesayangan saya. Alhamdulilah burung jadi lebih rajin bunyi mengalun dan tidak mudah macet. Semoga bermanfaat.
Baca Juga
Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan