Cara Perawatan Prenjak Ombyokan Tidak Gampang Mati

Bagaimana si cara merawat prenjak ombyokan agar tidak gampang mati ? hal ini pasti banyak sekali sedulur yang ingin menanyakan permasalahan tersebut. Karena memang tidak semua kicau mania dapat rawat prenjak bahan hasil ngombyok di kios / pasar burung.

Prenjak ombyokan gampang mati, biasanya ada sesuatu hal yang memang belum tahu oleh pembelinya. Kebanyakan pemula yang baru terjun dunia perkicauan, sangat wajar sekali bila belum tahu merawat prenjak ombyokan yang sudah dibelinya.

Namun jika teman-teman sudah memahami dan memiliki pengalaman di bidang perburungan, tentu hal semacam ini bukanlah halangan lagi. Dari pengalaman sebelumnya pasti teman-teman sudah pernah merasakan pait seperti burungnya mati.

Cara Perawatan Prenjak Ombyokan

Oleh sebab itu saya akan beri sedikit pengalaman pribadi terkait cara perawatan prenjak ombyokan yang benar versi omah prenjak. Sebelum ke tahap perawatan tentu prenjak mania, memilih prenjaknya terlebih dahulu. Jika bingung seperti apa cara memilih prenjak ombyokan, bisa simak artikel saya di website ini.

Dengan pemilihan yang terarah, tentu hasil yang akan di peroleh tentu akan lebih mantap di hati. Sudah saya curahkan semua  di website ini, jadi sobat jangan bosan untuk membaca ya.

Cara Perawatan Prenjak Ombyokan Yang Benar

Cara Perawatan Prenjak Ombyokan

Untuk perawatan prenjak kepala merah ombyokan, sebenarnya sederhana sekali sedulur. Karena pada hakekatnya burung itu makhluk hidup yang butuh di rawat dengan baik & benar.

Baik disini saya akan langsung to the point saja, silahkan simak point pentingnya dibawah ini :
  • Beri Pakan & Minum
Hal paling mendasar sekali adalah makanan dan minum, wajib diberikan kepada burung prenjak yang baru saja dibeli dari hasil ngombyok tersebut. Jadi teman-teman bisa berikan makanan yang paling umum untuk prenjak bahan itu seperti : ulat kandang & hongkong. 

Khusus prenjak bahan memang belum doyan voer, tentu bisa kita akali secara bertahap. Namun untuk berlangsungnya hidup prenjaknya bisa kita berikan ulat kandang dan ulat hongkong secukupnya.

Kemudian berikan cepuk kedua dengan diisi air putih yang mateng / mentah secukupnya.
  • Jangan Dimandikan Dahulu
Memang hal pemandian cukup identik untuk membantu proses penggacoran, namun untuk studi kasus  prenjak bahan ombyokan ini tidak dianjurkan. Karena kita tidak tahu kondisi metabolisme kesehatanya, apakah sedang fit atau tidak.

Jadi lebih baik dijemur dahulu untuk beberapa hari, tanpa di mandikan. Tujuannya biar kondisi tubuhnya sehat dulu, ketika sudah lebih dari 1 minggu rawatan bisa dilakukan pemandian secara teratur.
  • Pengkrodongan
Dan yang terakhir ialah di krodong, kenapa krodong ini perannya sangat penting bagi burung prenjak. Dikarenakan krodong ini dapat membuat mental + metabolismen kesehatanya terjaga, semakin tenang suasananya prenjak akan lebih terasa nyaman uintuk istirahat.

Apalagi untuk prenjak ombyokan, masih sangat labil untuk mental dan kesehatannya. Oleh karena itu saya merekomendasikan, untuk dikrodong ketika sudah melakukan pemberian pakan dan minum sekaligus penjemuran.

Hanya 3 point yang saya sarankan untuk sedulur kicau mania, khususnya untuk pemula yang bingung cara perawatan prenjak ombyokan yang benar. Semoga artikel singkat ini, bisa bermanfaat untuk Anda jangan lupa tetap simak Omah Prenjak. Karena akan saya bongkar semua rahasia rawatan prenjak agar cepat gacor.

Salam ngalun syahdu.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url