Cara Ampuh Mengatasi Prenjak Gembung Bulunya Yang Aman

Bagaimana mas Chandra, Cara Mengatasi Prenjak Gembung Bulunya. Nah sesi ini saya akan bongkar rahasia terkait hal itu. Alangkah baiknya teman-teman tetap simak artikel ini sampai akhir ya, supaya dapat paham dengan apa yang saya bagikan di artikel singkat ini.

Kenapa prenjak gembung ?

Pada umumnya  permasalahan prenjak menjadi gembung  itu, ada  kekeliruan atau kesalahan pada perawatan harian yang sedulur terapkan pada prenjak kesayanganya. Lalu disini saya ingin membantu problem yang teman-teman hadapi, dan akan menjelaskan pula apa penyebab prenjak gembung.

Mengatasi prenjak gembung itu sebenarnya hal yang mudah, bila Anda tahu cara dan menerapkannya yang benar. Khusus untuk sedulur yang mungkin masih awam tentang ini, tenang saja karena saya akan mengupas tuntas disini secara lengkap khusus untuk Anda para prenjak mania Indonesia.

Prenjak ialah salah satu jenis burung yang berhabitat di area persawahan ini, yang kini sudah banyak peminatnya menjadi burung peliharaan. Saking banyaknya para kicau mania yang tertarik dengan burung prenjak ini, muncul kendala saat memelihara burung jenis Prinia familiaris Horsfield. Untuk langkah awal saat menjumpai masalah prenjak seperti gembung bulunya, sedulur intropeksi dahulu sebelumnya prenjak tersebut diberikan pakan apa, dan bagaimana perawatan hariannya.

Sesuai dari pengalaman yang saya lalui, dan tentunya sudah berkali-kali mengalami prenjak kesayangan saya bulu ngembang / gembung seperti layaknya burung tidak sehat. Memang ada kalanya burung prenjak akan mengalami hal tersebut bila, perawatannya tidak sesuai dengan karakter dari burung tersebut. Oleh sebab itu saya sarankan Anda untuk bisa memahami karakter dasar dari burung prenjaknya.

Hal ini sangat penting, karena jika tidak sesuai akan menyebabkan prenjak mudah lesu dan malas untuk bunyi pastinya. Lalu bagaimana cara memahami karakternya, secara sederhana untuk mengetahui karakter burung itu dari perawatan hariannya kawan. Maksudnya bisa teman-teman pahami saat pemberian pakan, menu makanan apa yang menjadi favoritnya. Dan berikan secara rutin, lalu perawatan pendukung seperti penjemuran, pemandian, umbar. Apakah burung prenjak kesayangan Anda suka, bila suka terapkan secara rutin. Secara garis besar memahami karakter prenjak seperti itu sob, mudahkan.

Cara Mengatasi Burung Prenjak Gembung


Untuk perawatan prenjak gembung hingga pulih versi Omah Prenjak berikut ini :

1. Lakukan penjemuran dengan durasi 10-15 menit (secukupnya)
2. Jangan di mandikan dahulu untuk beberapa hari
3. Jadikan ulat kandang sebagai pakan utama tanpa voer
4. Berikan extra fooding kroto dengan porsinya, lalu teteskan ebod vit sebanyak 2x. Berikan sehari sekali selama burung masih gembung
5. Dikrodong, fungsinya untuk burung lebih maksimal dalam istirahatnya dan segera pulih.

Dari lima langkah diatas merupakan tindakan utama yang saya berikan kepada prenjak peliharaan saya, jika mengalami bulu ngembung. Tetapi jika teman-teman belum bisa memahami dari langkah-langkah penanganan saya, bisa langsung tonton video diatas karena  sudah saya jelaskan juga di video tersebut.

Maturnuwun sedulur sudah menyimak konten singkat ini, bila prenjak Anda ngembung semoga dengan melakukan langkah yang saya berikan ini dapat membantu dan pulih kembali. Jangan lupa share artikel ini jika merasa tulisan ini bisa membantu para kicau mania lainnya yang membutuhkan informasi ini.

Salam ngalun syahdu, by Omah Prenjak.
Baca Juga
Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan