Makanan Burung Prenjak Kepala Merah Jadi Gacor

Makanan burung prenjak itu sebenarnya ada beberapa macam, hanya saja banyak para kicau mania yang keliru dalam memilih menu pakan untuk si prenjak. Makanan prenjak yang akan kami bahas cocok untuk segala jenis burung prenjak seperti : prenjak kepala merah, prenjak lumut, prenjak liar, prenjak sawah, prenjak gunung, prenjak klawu, prenjak atas, prenjak baru dapat, prenjak anakan. Jadi pantau terus artikel ini sampai akhir teman-teman.

Burung prenjak adalah makhluk hidup yang butuh makan, seperti halnya manusia. Namun untuk makanan burung ini tidak boleh salah pilih saat memberikan pakannya, karena akan menyebabkan burung terganggu metabolisme kesehatannya. Oleh sebab itu saya menyarankan kepada Anda, memberikan pakannya sesuai yang akan saya sebutkan satu-persatu di website ini.

Jika kita bahas tentang makanan, sebaiknya saya jelaskan diawal. Agar sedulur tidak salah paham, dan menurut saya clue untuk pakan si prenjak ini ialah yang berbahan alami. Karena dengan pakan alami, burung sudah terbiasa di alam dengan makanan yang mereka makan. Selain itu, menu pakan yang alami jauh lebih bagus dan aman jika di konsumsi prenjak kesayangan Anda.

Bukan bermaksud saya sombong, seolah-olah menjadi master / guru dll. Saya seorang kicau mania pemula, yang berawal karir memelihara burung pleci dari 0 hingga prestasi di lapangan. Jadi niat berbagi pengalaman itu muncul, dan terbitlah blog Omah Prenjak Official ini.

Yuk, langsung kita bahas sedulur berikut ini.

4 Makanan Burung Prenjak Rekomendasi

Omah Prenjak memiliki daftar menu makanan khusus jenis burung prenjak, yang sudah terbukti aman dan pastinya bikin burung jadi cepat bunyi.

1. Ulat Kandang

Makanan Burung Prenjak Kepala Merah Ulat Kandang

Ulat kandang atau Lesser Mealworm, adalah salah satu serangga yang biasanya di temukan di area kandang seperti kandang ayam dan lainnya. Serangga yang satu ini ternyata  mempunyai protein yang cukup tinggi sehingga bisa menambah stamina dan nutrisi ke burung kicau, khususnya burung prenjak. Jadi saya sarankan ulat kandang ini jadi makanan utama si prenjak peliharaan Anda.

2. Ulat Hongkong

Makanan Burung Prenjak Kepala Merah Ulat Hongkong

Ulat hongkong ialah serangga yang berukuran lebih besar dari ulat kandang, serangga ini memang cocok sebagai menu makanannya si prenjak. Tetapi bukan berarti jadi pakan utama ya, ulat hongkong hanya pakan pendukung / tambahan / extrafooding. Untuk porsi idealnya 3-4 ekor perharinya sedulur, tidak boleh berlebihan dalam memberikan UH ini. Menyebabkan pencernaan terganggu.

3. Kroto

Makanan Burung Prenjak Kepala Merah Kroto

Kroto merupakan telor dari semut merah atau biasa kita sebut semut krangkrang, telor semut yang satu ini makanan favorit hampir semua burung suka. Maka kroto ini bisa dijadikan sebagai makanan pendukung atau Extra Fooding (EF). Karena jika tiap hari diberikan kroto, maka akan berimbas ke birahi yang akan sulit untuk naik. Jadi saya menyarankan untuk berikan kroto ini 2x dalam seminggu. Berikan secara cukup untuk porsinya, jangan terlalu over.

4. Jangkrik

Makanan Burung Prenjak Kepala Merah Jangkrik

Jangkrik adalah serangga yang biasa beterbaran di area hutan / kebon. Kini para peternak pun ingin mencari untung dengan menternak jangkrik ini dengan system pakan voer. Jadi burung akan lebih besar ukurannya dengan jangkrik hasil tangkapan dari alas atau hutan. Kualitas pastinya saya memilih jangkrik alas, karena pakan yang jangkrik konsumsi pastinya alami. Apabila Anda membeli jangkrik di kios burung pastinya teman-teman di tawarkan 2 jenis jangkrik yaitu Jangkrik Alas, dan Jangkrik Voer.
Saya merekomendasikan jangkrik ini, bisa dijadikan sebagai pakan utama maupun pendukung. Karena kandungannya juga bagus membuat burung jadi moncer.

Empat menu pakan diatas, sangat cocok untuk prenjak ombyokan  yang sedulur beli di pasar / kios burung. Karena sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa pakan tersebut terbuat dari bahan alami, tanpa dibuat oleh manusia. Pastinya aman & buat burung jadi lebih sehat sekaligus rajin mengalun.

Next saya akan berbagi tips tentang racikan pakan prenjak kepala merah, seperti apa versi saya dalam meracik pakan yang jitu hasilnya. Yang pasti tidak merusak kondisi burung, dan aman di konsumsi oleh prenjak kesayangan Anda. Simak terus blog ini tiap harinya ya sedulur.

Akhirnya sudah selesai sob ulasan konten makanan burung prenjak kepala merah, semoga coretan singkat ini dapat memberikan manfaat untuk teman-teman yang memang belum tahu informasi ini. Salam ngalun syahdu by Omah Prenjak.
Baca Juga
Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan