Cara Merawat Burung Kerak Basi Biar Cepat Bunyi Yang Terbukti

Omah prenjak kembali hadir untuk memberikan tips Cara Merawat Kerak Basi Alis Putih Ramai Bahan Cepat Bunyi yang sudah terbukti jos hasilnya. Memang saya akui, saya baru kemarin sore merawat burung jenis kerak basi. Tetapi saya berhasil memelihara kerak basi ini, sampai gacor hariannya.

Konon, banyak sekali yang berkata bahwa burung jenis kerak basi ini sulit untuk di gacorkan. Tetapi saya mematahkan mitos tersebut, karena saya sudah membuktikan sendiri. Bahwa merawat burung kerak basi bahan sampai cepat bunyi dalam waktu singkat kurang lebih 1-2 bulan.

Dalam waktu 2 bulan, saya merawat burung kerak basi ramai dengan ulet dan konsisten pastinya. Karena saya ingin melihat progres hasil rawatan saya selama ini, dan ingin tahu sisi kicauan khusus burung kerbas tersebut. Ternyata, lagu kicauannya cukup unik seperti suara besetan kasar layaknya burung sikatan londo.

Cara Merawat Burung Kerak Basi Biar Cepat Bunyi

Hal ini menjadi sebuah motivasi saya, untuk semangat merawat burung kerak basi alis putih sampai gacor. Alhasil saya berhasil untuk menggacorkan burung peliharaan saya yang bernama Rocky, serta sudah mengetahui setingan perawatan hariannya.

Jenis Burung Kerak Basi

Mungkin ada yang salah paham, dengan jenis kerak basi. Ya, karena burung kerbas ini mempunyai 2 jenis. Yang pertama kerak basi alis hitam atau biasa disebut dengan istilah shincan. Dan yang kedua kerak basi alis putih, dan dijuluki dengan nama kerbas ramai.

Dari kedua hal tersebut tentu ada sisi perbedaan, umumnya burung kerak basi ini muncul di permukaan saat  musim penghujan datang. Karena burung jenis ini, sering muncul di area rawa dan persawahan. Uniknya lagi, kerbas tidak akan muncul saat musim kemarau.

Sisi Perbedaan Burung Kerak Basi

Setelah Anda ketahui, jenis kerak basi. Kini Anda juga harus tahu sisi perbedaannya, mengapa karena antara kerbas alis hitam dan putih ini. Ada perbedaan yang cukup signifikan sekali, diantaranya :

A. Kerak Basi Alis Hitam

Burung kerak basi alis hitam ini, memiliki postur lebih kecil hampir seukuran dengan burung ciblek sawah. Serta paruhnya lebih runcing pendek, warna bulu cenderung lebih dop cerah. Kelebihan kerbas alis hitam ini, kicauannya lebih rapet speednya namun tipis volumenya.

B. Kerak Basi Alis Putih

Sedangkan kerbas alis putih, posturnya lebih besar mirip dengan postur burung trucukan. Kerak basi ini mempunyai warna bulu yang kusam daripada shincan, namun sisi kicauannya tentu lebih bertenaga dan volumenya lebih tembus keras. Walau saat berkicau speednya tidak secepat dengan kerak basi alis hitam.

Cara Perawatan Burung Kerak Basi Agar Cepat Gacor


Apapun itu jenis burungnya, bila kita tidak konsisten maka akan sia sia waktu yang sudah kita luangkan untuk memelihara burung tersebut. Oleh sebab itu, saya tekankan kepada sedulur kicau mania. Supaya sabar dalam hal merawat burung kerak basi biar cepat bunyi.

Dan inilah yang saya lakukan, saat proses penggacoran si "Rocky" dari awal :

A. Pemilihan Ukuran Sangkar Yang Lebar

Point pertama adalah penggunaan sangkar yang ukurannya lebih luas, tujuannya apa. Tentu burung akan jauh lebih leluasa dan pastinya akan nyaman dengan sendirinya, berbeda bila kita memakai sangkar yang ngepas ukurannya.

Saran saya, teman-teman selektif dalam memilih kandang yang ukuran nomor 2 atau nomor 3. Jika sangkar terbuat dari bambu, namun bisa saja menggunakan kandang besi tingkat 3.

B. Berikan Pakan Kesukaannya

Kita harus tahu dahulu, burung kerbas ini berasal dari habitat mana. Jika populasinya di area persawahan maka, sudah dipastikan, makanan alaminya tidak jauh dari serangga. Oleh kerna itu, kita harus bisa menyediakan menu pakan serangga yang dijual di kios burung. Seperti : ulat kandang, ulat hongkong, jangkrik, dan kroto.

Kalo menu pakan favorit si Rocky ini, terdiri dari : voer halus leopard warna kuning, ulat kandang, ulat hongkong dan jangkrik. Untuk kroto berikan satu minggu sekali, terbukti dengan kita memberikan makanan tersebut. Akan mempercepat proses penggacorannya.

C. Lakukan Perawatan Pendukung Secara Rutin

Ternyata eh ternyata, masih ada yang gagal paham, dengan penyebutan perawatan pendukung yang saya singgung di tiap video channel omah prenjak. Perawatan pendukung itu, melakukan rawatan biasa seperti pemandian, penjemuran dan pengkrodongan.

Dengan kita konsisten memberikan pakan yang sesuai, tentu kita harus menyeimbangkan dengan rawatan pendukung. Agar proses penggacoran ini cepat selesai, saya harap Anda bisa bersabar dalam melalui proses ini. Karena seorang kicau mania, sudah kami pastikan berkarakter penyabar.

Oke, demikian tips sederhana cara merawat kerak basi agar cepat gacor. Semoga tulisan ini, dapat memberikan manfaat besar pada burung kerak basi peliharaan teman-teman yang berada di rumah. Jangan lupa simak terus omah prenjak, karena saya akan selalu update dengan konten terbaru. Berdasarkan pengalaman real saya prbadi, dalam merawat burung peliharaannya.

Maturnuwun.

Posting Komentar untuk "Cara Merawat Burung Kerak Basi Biar Cepat Bunyi Yang Terbukti"