Inilah Kelemahan & Kelebihan Burung Prenjak Kepala Merah

Apa sih kelemahan & kelebihan burung prenjak kepala merah? tentu tiap jenis memiliki kekurangan serta keunggulannya. Bagi Anda pemula mungkin bingung, apa saja yang menjadi kelemahan dan kelebihan prenjak. Saya harap sedulur tetap simak ulasan dari artikel ini, hingga akhir ia.

Kelemahan burung prenjak itu sebenarnya ada beberapa poin yang perlu saya jelaskan disini, khusus bagi pemula yang baru merawat prenjak. Wajib simak apa saja point yang saya maksud tersebut, tujuannya agar Anda dapat menghindari apa yang menyebabkan burung prenjak cepat mati.

Sedangkan kelebihan prenjak juga ada, jadi tidak hanya burung prenjak kepala merah sahaja. Tetapi untuk semua jenis burung, saya yakin memilki 2 sisi yang berbeda. Kekurangan & keistimewaan itulah yang membuat para kicau mania belajar untuk mengerti karakter dari burung yang ia pelihara.

Dengan memahami karakter burung kesayangannya, pasti akan tahu sisi kekurangan dan kelebihannya. Termasuk burung prenjak, burung yang berhabitat di area sawah ini. Mempunyai ciri khas tersendiri, dari segi suara, warna bulu yang membuat kicau mania jatuh hati padanya.

Kelemahan & Kelebihan Burung Prenjak Kepala Merah

kelemahan dan kelebihan prenjak

Baik, disini akan saya bahas 2 sisi yang menurut saya ini sebuah pengalaman pribadi dalam merawat prenjak. Dan menjadi wawasan baru untuk Anda yang memang masih pemula belum tahu plus minusnya prenjak.

A. Kelemahan Prenjak

Sisi kelemahan burung prenjak versi omah prenjak, berikut ini :

  • Burung Prenjak Mudah Bulu Gembung Mengembang
Hal ini tidak bisa Anda  pungkiri, pasti menjumpai prenjak Anda mengalami bulu mengembang atau gembung. Kenapa bisa seperti itu, tentu penyebab utamanya adalah faktor kesehatan yang menurun. Lantas, apa yang harus Anda lakukan? ya, penanganannya sedulur harus merawat lebih intens. Maksudnya saya, harus perhatikan pakan yang diberikan seperti UK, UH, Voer, Kroto. Berikan dengan porsi yang cukup, jangan berlebihan. Dan setelah itu Anda juga harus melakukan penjemuran secara rutin dengan durasi max 15 menit saja. Untuk pemandian tidak perlu dilakukan dahulu, supaya prenjak gembung mudah teratasi

  • Prenjak Mudah Mati Secara Mendadak
Point kedua ini, harus Anda perhatikan. Karena cukup krusial, bila Anda ceroboh sedikit maka akan terjadi kematian pada prenjak kesayangan Anda. Mengapa saya bilang seperti ini, dikarenakan saya sudah merasakan prenjak peliharaan saya yang mati mendadak. Ok, apa yang harus Anda cermati. Ialah perawatan harian yang pertama, lakukan perawatan seperti biasanya saja. Pemberian pakan serta lakukan perawatan pendukung seperti mandi & jemur, setelah itu di krodong. Jangan lupa lihat kotoran prenjaknya, apakah encer / padat dari teksturnya. Hal ini bisa mencegah dari faktor external seperti prenjak makan serangga lainnya.

  • Burung Prenjak Mudah Macet Bunyi
Prenjak macet bunyi, bukanlah hal asing lagi. Jika Anda seorang prenjak mania, tentu menjadi sebuah tantangan tiap harinya. Supaya menjadikan prenjak pulih dari macet bunyinya tersebut, kenapa prenjak bisa begitu. Pasti ada penyebabnya, ya benar. Karena pada umumnya prenjak itu tergolong burung jenis petarung, yang bermodalkan mental yang garang. Jika mentalnya turun, tentu burung jenis petarung lainnya juga mengalami hal yang sama yakni tidak akan bunyi.

Sebuah pertimbangan penting bagi Anda yang mempunyai burung petarung, salah satunya prenjak klawu. Prenjak klawu bila kita jaga mental dan metabolisme kesehatannya, tentu akan lebih mudah rajin bunyi. Langkah awal untuk menjaga mental, teman-teman harus pintar memberikan jarak saat menempelkan / trap burung prenjak gacor lainnya.

Kemudian, ketika saya sudah menjaskan secara inti dari kelemahan burung prenjak. Saat ini saya juga akan menjelaskan sedikit dari kelebihan yang dimiliki prenjak kepala merah ini.

B. Kelebihan Prenjak

Kelebihan prenjak klawu : 
  • Memiliki Banyak Variasi Lagu Ngalun Original
  • Mempunyai 2 Warna Bulu Klasik Merah & Abu-Abu
  • Paruh Yang Panjang & Lancip
  • Memiliki Gaya Tarung Layaknya Murai
  • Dan lainnya
Nah, sudah tahu kan point apa saja yang saya bahas diatas. Tentu berdasarkan histori pribadi dalam perawatan burung prenjak, Kelemahan & Kelebihan Prenjak ini menjadikan kita lebih peduli terhadap burung. Agar bisa menikmati sebuah proses  penggacorannya, jangan jadikan sebuah beban.
Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url