Perbedaan Prenjak Jantan dan Betina Yang Benar

Perbedaan Prenjak Atas, Bawah, Klawu, Sawah, Jali, Gunung, Lumut, Jantan dan Betina sebenarnya mudah untuk kita pastikan, tetapi sayangnya tidak semua orang dapat memahami hal itu. Nah artikel ini akan saya kasih tahu kepada sedulur Prenjak Mania, bagaimana cara membedakan prenjak jantan dan betina kepala merah yang benar.

Prenjak merupakan jenis burung kecil yang berhabitat di area persawahan, burung jenis ini sudah mulai banyak di gemari oleh sebagian besar kicau mania. Dengan suara ciri khasnya dan warna dari bulu klawu serta warna merah di kepalanya ini cukup memikat perhatian. Maka kenapa burung prenjak ini, sudah mulai berkurang populasinya. Dikarenakan di pikat oleh ahlinya lalu dijual dipasar burung.

Prenjak kepala merah memiliki jenis kelamin kawan, seperti halnya manusia. Karena mereka juga bagian dari makhluk hidup, jadi harus pilih antara jantan dan betina. Prenjak jantan dan betina tentunya mempunyai sisi perbedaan, setelah saya survey berdasarkan riset pembelian di pasar burung. Yang laku dipasaran yakni prenjak kelamin jantan hampir 75% dan sisanya 25% ada juga yang membeli prenjak betina.

Karena tidak dipungkiri prenjak jantan lebih menonjol dari segi suara, dan memiliki ragam variasi suara ngalun original maupun isian burung lainnya. Sedangkan prenjak betina lebih monoton, maka kenapa prenjak jantan lebih di sukai para kicau mania di seluruh Indonesia.

Perbedaan Prenjak Kepala Merah Jantan & Betina

Bedanya prenjak jantan dan betina, diantaranya :

1. Perbedaan Bulu Dada

  • Jika Prenjak Jantan, warna  bulu dada sampai bawah cucuk itu berwarna hitam lebih pekat
  • Jika Prenjak Betina, warna bulu dada hingga bawah cucuk berwarna semi putih

Yang perlu diperhatikan adalah saat Anda ngombyok burung bahan, akan merasa kesulitan karena prenjak usia muda dan dewasa akan tercampur menjadi satu. Namun bila sedulur memperhatikan lebih teliti perbedaan bulu dada akan lebih mudah menyeleksinya.

2. Perbedaan Paruh

  • Jika Prenjak Jantan, warna atas paruhnya ada corak warna hitam
  • Jika Prenjak Betina, warna atas paruhnya bercorak putih
Harus di lihat dulu kawan, karena warna paruh juga mempengaruhi untuk menentukan jenis kelamin si prenjak. Jadi saya sarankan pilih dengan tenang dan sesuaikan apa yang sudah saya jelaskan diatas.

3. Perbedaan Suara
  • Jika Prenjak Jantan, memliki variasi 5 lagu ngalun originalnya
  • Jika Prenjak Betina, hanya mengeluarkan 1 lagu / suara ngetiiiiir panjangnya, lebih mononton.
Saat proses ombyok di pasar / kios burung, harus jeli mendengarkan suaranya. Sebaiknya dipisah dengan kandang biasa, lalu dengarkan suaranya dengan di pancing atau mastering prenjak gacor. Jika ngetiir maka sudah dipastikan prenjak itu berjenis kelamin betina, namun bila responnya ngalun berarti prenjak itu jantan.

Versi Omah Prenjak. untuk membedakan prenjak jantan dan betina hanya 3 point saja. Karena sudah kelihatan sekali jenis kelamin si prenjak, jika Anda melihat secara langsung saat membeli prenjak bahan dengan menggunakan metode yang sudah saya jabarkan diatas.

Semoga Bermanfaat !.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url