Cara Mengatasi Prenjak Kepala Merah Stres & Cepat Pulih

Prenjak kepala merah pastinya pernah mengalami stres pada psikisnya, oleh sebab itu Anda sebagai kicau mania harus bisa memulihkannya agar menjadi normal kembali. Jika Anda belum tahu bagaimana cara mengatasi prenjak kepala merah stres, Omah Prenjak hadir untuk memberikan sebuah solusi berdasarkan pengalaman Admin dalam merawat burung prenjak selama ini.

Burung prenjak itu seperti layaknya burung jenis lainnya, yang bisa bunyi dan diam secara tiba-tiba. Khusus topik kali ini kita garis bawahi untuk membahas burung prenjak ya teman-teman. Apabila prenjak kesayangan Anda diam tanpa sebab, langkah awal yang sahabat lakukan ialah menelusuri apa penyebabnya. Karena dengan mencari tahu penyebabnya maka akan lebih mudah untuk mengobatinya.

Ciri-Ciri Prenjak Kepala Merah Stres

Prenjak stres harus kita ketahui dahulu dari gejala yang dialami prenjak peliharaan kita, disaat mengalami mungkek / macet dikarenakan stres. Lalu, ciri - ciri prenjak stres versi omah prenjak sebagai berikut :

1. Prenjak biasanya diam dan malas untuk berkicau

2. Bulu gembung seperti halnya bola

3. Burung lebih aktif gesit giras di dalam sangkar, walo burung sudah jinak sekalipun

4. Biasanya burung mengeluarkan suara nyetater dan nada call ciuw, menandakan burung tersebut terganggu mentalnya akibat dari stres yang dideritanya.

5.  Dan masih banyak lagi.


Cara Mengatasi Prenjak Kepala Merah Stres

Cara Mengatasi Prenjak Kepala Merah Stres


Omah Prenjak akan memberikan solusinya di artikel ini, agar sahabat prenjak mania yang masih pemula dapat mengatasinya dengan mudah. Seperti apa cara penangannya, yuk simak detailnya berikut ini :

  • Burung prenjak harus di krodong dahulu untuk beberapa hari idealnya 3-4 hari.
  • Tetap lakukan rawatan harian seperti pemberian pakan utama (ulat kandang) , air minum dan extra fooding (ulat hongkong / jangkrik / kroto).
  • Selama proses terapi 3-4 hari burung jangan dipaksa untuk bunyi, justru burung harus di istirahatkan.
  • Tidak boleh di Mastering / Tempel / Trap/ Trek, selama proses pemulihan berlangsung usahakan burung harus full istirahatkan.
  • Hari ke 4 burung di mandi pagi lalu jemur (secukupnya), dan berikan ulat hongkong 2 ekor untuk pagi hari dan malam 2 ekor, burung jangan di tempel tapi boleh di masteringkan itupun dengan catatan durasi yang sebentar hanya 3-5 menit lihat respon dari burungnya. Jika burungnya sudah mulai bunyi dan pulih, lakukan secara bertahap. Jangan langsung di tempel ok.
  • Lakukan mandi malam, fungsinya untuk menstabilkan birahi dan burung menjadi lebih seger. Mandikannya secukupnya saja jangan basah kuyup ia.
  • Dan apabila sudah kering bulunya, lalu di krodong sampe pagi hari. Lakukan tips ini secara urut dan bertahap ya teman-teman. Karena kita ketahui prenjak itu memiliki karakter yang berbeda-beda. makanya harus ulet dalam proses terapi ini.
Demikian sharing tips singkat versi saya dalam mengatasi prenjak stres. Alhamdulilah dengan melakukan tips diatas, prenjak saya yang saya rawat sudah pulih normal dan justru sekarang rajin mengalun dengan nada yang syahdu. Jangan sampai kebalik apalagi keliru dalam penerapan terapi ini yang sedulur. Semoga berhasil !
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url