RAHASIA! Settingan Prenjak Lomba TOP Moncer Di Gantangan

Seperti apa settingan prenjak lomba, supaya tampil maksimal & masuk nominasi juara ?. Disini akan saya bongkar caranya, seperti mengunci lagu prenjak dan lainya. Jadi saya harap sedulur bisa simak disini,

sampai akhir artikel ini, agar setingan lomba prenjak ini dapat di pahami dengan sepenuhnya. Sekaligus bisa di praktekan dan mendapatkan hasil memuaskan saat di lapangan / gantangan.

Penilaian Lomba Prenjak

Penilaian lomba menjadi sebuah patokan utama, yang dimana player atau prenjak mania bisa menyesuaikan kriteria apa saja yang bisa teman-teman pahami terlebih dahulu.

Settingan Prenjak Lomba

Sebelum kita beranjak ke settingan, alangkah baiknya saya berikan sedikit dari pengalaman saya dalam hal menggantang burung prenjak kepala merah saya.

Setahu saya penilaian lomba prenjak, dibagi menjadi beberapa point. Diantaranya :

  • Vokal
Ya, vokal ini menjadi modal utama burung prenjak teman-teman dilirik oleh juri. Yang dimana memiliki sebuah talenta dari masing-masing prenjaknya, vokal yang kami maksud ialah

Tinggi / rendahnya suara dari prenjak Anda, menjadi sebuah catatan penting berarti bagi juri. Bila volume prenjak Anda tinggi / keras maka akan di pertimbangkan oleh juri.

Durasi saat burung prenjak Anda bunyi panjang, dengan gaya khasnya. Maka sangat layak masuk nominasi juara.
  •  Lagu
Apa si kok bahas lagu ?, ia disini saya akan membedah mengenai lagu. Karena kita bicara kompetisi tentu kita harus tahu lagu apa yang bisa masuk nominasi juara 1,2,3 ?.

Tentu tidak mudah untuk mengatur lagu, lalu lagu apa saja yang bisa masuk juara.

Lagu ngalun adalah prioritas utama yang masuk nominasi, namun ngalun yang kami maksud itu banyak sedulur. 

1. Ngalun tilek (Grade A)
2. Ngalun prenjak-prenjak (Grade B)
3. Ngalun templik (Grade C)

Ketiga kriteria lagu ngalun diatas, tentu tidak ketinggalan dengan tempo yang lambat ya atau ada jeda 1-2 detik. Jika saya menyebutnya ngalun syahdu, bukan ngalun yang kategorinya nyepit atau cepet.
  • Sangkar
Sebenarnya untuk sangkar prenjak lomba, tidak harus yang wah meriah. Maksudnya jika sangkarnya masih layak pakai dan enak di pandang. Bagi saya sudah memenuhi syarat untuk gantang,

Karena kandang hanyalah media pendukung saja, tetap nomor 1 kinerja burung prenjaknya. Jika burung sudah nyaman di sangkar tertentu, bisa dicoba koloni di gantangan bersama prenjak mania lainnya.
  • Nebok / Ngering
Istilah nebok dan ngering ini, muncul saat di gantangan. Karena penyebutan nebok ialah burung yang terjun ke alas atau bawah sangkar, sesuai komitmen juri bahwa burung nebok akan langsung di

diskualifikasi, hal ini menjadi sebuah tantangan bagi prenjak mania. Agar jangan sampai prenjaknya terjun kebawah kandang. Kemudian untuk ngering ini lebih ringan penaltinya, hanya dikurangi point saja.

Ngering yaitu istilah dari burung prenjak yang sering menclok ke ruji, bila prenjak Anda sering ke ruji. Sebaiknya di terapi dahulu atau bisa jadi over birahi yang menyebabkan over aktif.

Settingan Prenjak Lomba Tampil Maksimal & Juara

Settingan Prenjak Lomba

Settingan lomba khususnya untuk burung prenjak, tidaklah rumit sedulur. Yang terpenting ialah teman-teman harus mengetahui dahulu karakter dari prenjaknya,

ini menjadi sebuah kunci untuk bisa sukses saat proses gantangan, sesuai harapan kita. Prenjak merupakan burung petarung, jadi harus intens sekali saat ikut perlombaan.

Lalu, bagaimana menyeting prenjaknya ?

Oke, disini akan saya kasih bocorkan rahasianya. Sesuai apa yang saya lakukan selama ini :

A. Cek Kondisi Kesehatan Rutin

Cek kesehatan merupakan hal yang utama, bagi saya untuk prenjak kesayangan ini sedang fit atau sakit. Apabila sedang sakit, sebaiknya jangan diikutsertakan ke lomba, tentu tidak akan maksimal nantinya.

Namun jika  dalam kondisi fit / sehat, kita harus menjaga metabolismenya sampai di hari H. Supaya saat kita berpartisipasi di perlombaan nantinya akan maximal.

B. Lakukan Rawatan Harian

Tentu kita harus melakukan sebuah rawatan seperti biasanya, seperti :

- Pemandian : lakukan pemandian di pagi hari mulai pukul 08.00 -10.00 wib
- Penjemuran : harus menjaga durasi penjemuran, jika sudah kencang bulunya langsung diteduhkan.

Setelah mandi & jemur jangan lupa berikan extra fooding yakni, ulat hongkong / jangkrik / kroto.

C. H-2 Berikan EF Kroto

Tujuannya untuk menyetabilkan birahi agar tidak turun ataupun over, hal ini harus kita perhatikan. Karena digantangan kita butuh sebuah perjuangan keras, supaya bisa maksimal dan moncer pastinya.

Kroto bisa disebut dengan doping alami, yang ampuh dari dulu sampai sekarang. Banyak banget manfaatnya, apalagi untuk burung kontes seperti prenjak kepala merah.

D. Pengkrodongan

Krodong sebuah alat berupa kain, untuk menutup sangkar. Terdengar sepele, namun sangat berarti fungsinya. Jika kita pakai pada tempatnya maka akan terlihat efeknya, burung akan jauh lebih tenang saat di krodong.

Jadi setelah melakukan rawatan harian, jika Anda pergi kerja / tidak kepantau. Mending di krodong sampe sore dibuka, lalu malamnya di krodong hingga hari H.

E. Mengasingkan Diri Saat Di Lapangan

Terlihat aneh, namun inilah yang saya lakukan sampai detik ini. Kenapa kok bisa seperti itu ?. Ya karena saya ingin prenjak kesayangan saya lebih tenang, dan tidak stres ketika mendengar prenjak lainnya dalam jarak dekat.

Hal ini akan mempengaruhi performa di gantangan, lebih tepatnya ke mental. Lebih baik misah sesaat daripada prenjak Anda tidak maksimal di gantangan.

F. 2 Sesi Sebelum Naik, Kasih UH 1 ekor

Kok dikasih UH lagi, kan udah dikasih saat dirumah ?. Saya kasih uh lagi tujuannya untuk menaikan birahi agar ngunci lagu prenjaknya. Soalnya lawannya pun bunyi, jadi kita atur strategi seperti itu.

Jangan beri kebanyakan, rekomendasi saya hanya 1 ekor saja. Supaya tidak over birahi.

G. 1 Sesi Akhir Penilaian, Seting Lagu Prenjak

Maksudnya gimana mas chandra ?, oke saya jelaskan lagi. Bahwa 1 sesi sebelum naik, kita harus siap-siap mengeluarkan semua cepuk pakan & minum. Kemudian kita atur lagu prenjak dengan cara berikut ini :
  1. Pancing emosinya dengan mp3 betina tir panjang / jantan suara ngalun
  2. Diobok pakai tangan masuk ke dalam sangkar
Dengan 2 metode diatas, salah satu penyetingan untuk burung berkarakter engkel. Jadi ga perlu pake betina ditempel, cuma pake hp saja sudah cukup.

Atur sampai lagu prenjak sesuai dengan kriteria EO, agar tidak mubah waktunya. Ketika sudah mengeluarkan lagu prenjak, sebaiknya jaga dulu tetap di masteringkan sampai prenjak mania lainnya masuk dahulu ke lapangan.

Nah, sudah tahukan bagaimana strategi saya dalam mensetting prenjak lomba. Semua itu bagian dari usaha kita, selebihnya kita pasrahkan saja. Karena jika kita sedang hoki, maka akan masuk nominasi. namun bila sebaliknya jangan berkecil hati, tetap berusaha dan semangat.
Baca Juga
Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan