Cara Jitu Membedakan Burung Trucukan Jantan & Betina

Cara Membedakan Burung Trucukan / Trocokan Jantan Dan BetinaBurung Trucukan / Cerukcuk sekarang termasuk burung yg ngetrend buat pada pelihara sebagai klangenan ataupun perlombaan/kontes suara, sebagian pada daerah Indonesia eksklusif telah mengadakan kelas lomba burung trucukan.

Burung pengicau yang bersuara khas ropel ini pada alam bebasnya sangat gemar berkelana di tempat ramai penduduk, misalkan pemukiman masyarakat, pepohonan kurang lebih halaman tempat tinggal , perkebunan & bahkan hingga pada taman-taman kota. Mungkin itulah sebabnya beliau gampang jinak atau luluh terhadap manusia karena sudah terbiasa dengan kehadiran manusia.

Trucukan tergolong sebagai keliru satu burung yang cerdas, bisa dikatakan begitu karena unggas berjambul hitam ini mempunyai kemampuan menirukan bunyi burung jenis lain yang bersuara senada dengannya misalkan cucak ijo, kutilang, cendet dan sebagainya. (Baca pula: Tips Merawat Burung Trucukan / Trocokan Agar Cepat Gacor Dan Ngeropel) Burung trucukan Jantan & betina bisa ngeropel, namun oleh jantan lebih mendominasi dalam hal bunyi variasi dan pula volumenya lebih kencang berdasarkan oleh betina.

Saat Anda hendak memelihara burung trucukan ini, pastikan Anda mengetahui jenis kelaminnya terlebih dahulu. Sebab, hanya burung trucukan jantan yang mempunyai suara & kicauan yg rupawan. Untuk itu, Anda perlu mengetahui perbedaan jenis kelamin burung ini sebelum Anda membelinya di pasaran. Sebab, potensi buat galat pada menentukan burung sangat terbuka jika Anda belum memahaminya, apalagi bila Anda bertemu dengan pedagang yang kurang memelihara kejujurannya.

(Baca pula: Tips Memilih Trucukan/Trocokan Dalam Kandang Ombyokan)

Nah, buat itu, berikut adalah merupakan beberapa ciri disparitas antara jenis kelamin jantan & betina yang harus Anda ketahui.













Perbedaan Ciri Fisik Jantan Dan Betina Burung Trucukan:
  • Trucukan Jantan sering njambul (Bulu atas kepala berdiri), jambul tegap dan terlihat gagah. Sedangkan betina jarang njambul dan ketika njambul terlihat di ujung saja atau jambul terlihat pendek
  • Bulu halus dibelakang kepala jantan pasti ada dari umur 2-3 bulan mulai tumbuh sedangkan betina tidak ada,
  • Lingkaran hitan di mata pada trucukan jantan hitam pehat serta lebat dan bulat solid, sedangkan betina tipis dan hitam pudar
  • Bulu telingga jantan terlihat menonjol keluar seperti burung branjangan jantan tetapi betina tidak dan terkadang betina terlihat bolong atau tidak tertutup rapat oleh bulu.
  • Bentuk kepala jantan ketika tidak njambul terlihat lebih ceper / datar.

Ciri Khusus Penentu Jenis Kelamin Trucukan

Jantan :
  • Stabil saat berkicau walau dalam keadaan mabung.
  • Rata - rata ropelan panjang tetapi ada yang pendek tetapi memiliki variasi yang lebih walaupun berkicau pendek.
  • Trucukan jantan suara kicauan volumenya lebih keras.
Betina :
  • Ketika memasuki masa-masa mabung jarang berkicau.
  • Dapat berkicau layaknya jantan (ropel) tetapi pendek dan kurang variatif.
  • Rata - rata volume standar dan lebih banyak mengeluarkan call (suara panggilan) daripada ropelannya.
Hal Yang Bukan Menjadi Tolak Ukur Penentuan Kelamin Burung Trucukan

  • Warna lidah atau mulut, banyak yang meyakini bahwa warna kuning pasti suaranya bagus dan itu ada benarnya tetapi bukan menandakan jenis kelamin, melainkan menandakan umur trucukan yang sudah matang.
  • Ekor V atau rapat, ekor v atau rapat bukan menandakan jenis kelamin tetapi menandakan tingkatan on fire atau perfom burung ketika atau setelah dan saat masa masa mabung akan, sedang atau setelah masa tersebut.
  • Postur Tubuh, postur tubuh yang besar atau kecil bukan pedoman menentuan kelamin tetapi postur yang porposional menentukan kualitas dari suara burung nanti dari kekuatan power, irama serta volume yang diikuti juga dengan bentuk paruh.
  • Ngleper, ngleper bukan menandakan burung betina ataupun jantan melainkan gaya birahi untuk menarik pasangannya, biasanya pada masa masa kawin mayoritas trucukan akan ngleper.
  • Warna kuning di dubur,warna ini bukan menjadi tanda burung jantan atau betina melainkan dari daerah asal burung tersebut dan usia, maka warna bulu dubur bukan untuk penentuan kelamin.
  • Warna bulu, bulu mengkilat bukan menandakan kelamin melainkan pertanda tingkat perfoma burung atau tingkat kesehatan burung, karena bulu yang mengkilat menandakan burung dalam keadaan sehat karena banyak memproduksi lapisan seperti lilin, sehingga bulu tidak mudah basah, ketika terkena air ataupun di mandikan
Itulah perbedaan antara burung trucukan jantan dan betina. Trucukan merupakan burung pemakan serangga dan jua butir-buahan. Agar cepat gacor, penuhi kebutuhan nutrisinya, baik itu EF hewani ataupun buah-buahan misalnya pisang dsb. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url